Friday 12 May 2017

LAPORAN II PRATIKUM APLIKASI SIG “ATRIBUT DAN JOIN DATA”

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada saat sekarang ini penggunaan teknologi informasi semakin pesat. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia. Dalam berbagai aspek, teknologi telah menjadi bagian dari perkembangan hidup manusia. Teknologi mencerminkan modernisasi yang memicu pada persaingan untuk menjadi yang terbaik. Dalam kemajuannya kita lebih di tuntut untuk dapat menguasai berbagai ilmu di bidang computer salah satunya adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) atau bisa disebut ArcGis. ArcGis adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI. GIS (Geographical Information System) atau dikenal pula dengan SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan komputer yang berbasis pada sistem informasi yang digunakan untuk memberikan bentuk digital dan analisis terhadap permukaan geografi bumi.


B. Tujuan

Tujuan untuk mempelajari ArcMAP ini untuk memetakan suatu wilayah dengan menggunakan peta digital.









BAB II
DATA ATRIBUT & JOIN DATA
1.      Buka data peta yang telahselesai di digitasi, seperti pada gambar di bawah ini

2.      Selanjutnya kita akan membangun data untuk membuat lokasi keberadaan gunung atau sekolah. Data yang akan kita buatakan berupa poin-poin. Seperti yang saya kerjakan, saya akan membuat Sekolah Dasar ( SD ) dan Masjid sebagai contoh. Langkah kerjanya sbb: buka arc toolbox dengan cara mendouble klik lambang arc toolbox yang ada pada menu bar di arcmaps.
 
3.      Langkah selanjutnya kitapilih data management tools > feature class> create feature class. Sepertigambar di bawahini

   

4.      Setelah muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, Langkah selanjutnya mengisi data yang ada pada kolom di bawah dengan cara sebagai berikut.





5.      Selanjutnyaisi coordinate system kita, kalau saya membuat coordinate system berupa data UTM, dengan cara klik project coordinate system> UTM> 1984>seoul coordinate system >wgs 1984 47s seperti gambar di bawah ini. Setelah selesai klik ok.



6.      Apabila data yang kita buat telah berhasil akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini pada sudut kanan layar desktop.



7.      Langkah selanjutnya mengganti tampilan symbol feature class kita dengan cara sebagai berikut mendouble klik pada symbol feature class yang akan kita ganti, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Setelah selesai klik ok.


8.      Langkah selanjutnya kita akan mendigit symbol yang telah kita buat feature classnya tadi dengan langkah sbb: pada menu bar editor klik start editing.




9.      Setelah itu klik feature class yang mau kita buat pada create feature class, kemudian kita dapat memulai mendigit feature class kita lagi.




10.  Setelah selesai mendigit poin atribut kita, kalau saya membuat poin berupa gunung api aktif, setelah selesai klik save edit > stop edit.





11.  Peta di bawah ini merupakan contoh peta yang telah saya selesai mendigit poinnya.


12.  Langkah selanjutnya mencari koordinat system dari lokasi point-point  tersebut, dengan langkah sbb:  klik kanan pada table on content feature class yang ingin kita cari titik koordinatnya>klik  open attribute table  >klik add field. Seperti gambar di bawah ini.



13.  Setelah muncul data add field, isi data tersebut seperti gambar di bahwah ini, tulis nama add field nya, pada typenya pilih text, kemudian klik ok

14.  Maka akan muncul table x dan y pada table seperti gambar di bawah ini.

15.  Klik kanan pada judul kolom, seperti klik kanan pada judul kolom x >pilih calculate geometry, seperti gambar di bawah ini.



16.  Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pada propertynya pilih x (bujur) coordinate of point. Pada unitsnya pilih format coordinat sytemnya yang ingin kita tampilkan. Kemudian klik ok.


17.  Setelah itu coordinate system point kita akan muncul pada kolom x seperti pada gambar di bawah ini, cara sama juga di lakukan untuk mencari coordinate system pada kolom y kita atau kolom lintang kita.


18.  Langkah selanjutnya kita akan mengkopi data yang ada pada atribut kita pada mikrocsoft excel dengan langkah sebagai berikut. Klik kanan pada feature class administrasi >klik open atribue table. Seperti gambar di bawah ini.

19.  Pada table pada ikon bintang yang ada di sudut kiri atas klik kemudian pilih select all. Seperti pada gambar di bawah ini.



20.  Kemudian pada table kosong di sudut kiri, klik kanan kemudian pilih copy select, seperti pada gambar di bawah ini.


21.  Kemudian buka Microsoft excel, kemudian klik ctrl+v pada layar microsoft excel, maka data yang ada pada table kita di arc maps akan terkopi ke Microsoft excel, seperti gambar di bawah ini.



22.  Kita dapat menambah data kita dengan membuat data seperti nama camat di masing kecamatan di kota padang, jumlah penduduk dll. Setelah itu simpan data tersebut.

Untuk mengabungkan data yang kita buat di excel kita tidak boleh membiarkan microsof excel data yang kita buat tadi aktif. Kita close semua data excel kita tadi.

23.  Langkah selanjutnya adalah mengabungkan data exel yang telah kita buat tadi kedalam data arcmap kita dengan cara klik kanan pada feature class administrasi > pada sudut kiri atas table klik ikon bintang>pilih joins and relates > join. Seperti gambar di bawah ini.




24.  Maka akan muncul pada layer desktop format join data, seperti gambar di bawah ini. Kemudian isi table di bawah dengan cara sbb:








25.  Pilih data excel yang akan kita gabungkan, seperti data excel kota padang seperti gambar di bawah ini >klik add >akan muncul pilihan sheetnya >pilih sheet 1 >klik add. Seperti gambar di bawah ini.

kemudian klik ok

26.  Setelah selesai data yang kita join tadi akan muncul di table pada arcmaps kita seperti gambar di bawah ini. Selelah ini berarti kita telah berhasil menjoin data di excel kita ke arcmap kita.











BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang di identifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.
ArcGIS adalah software milik ESRI yang berfungsi sebagai Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan dan penyediaan informasi geografis. ArcGIS pada umumnya digunakan untuk membuat dan mengolah peta, mengatur data geografis, menganalisis informasi peta, dan mengatur informasi geografis dalam sebuah database.
ArcGIS adalah salah satu software yang dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS yang berbeda seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web. ArcGIS Desktop, memiliki lima tingkat lisensi yaitu, ArcView, ArcMap, ArcEditor, ArcInfo, ArcCatalog.








DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/ArcGIS

https://bryanunited.wordpress.com/2012/12/27/arcgis

http://gis-indonesia.blogspot.com/p/arcgis-tutorial.html

http://bappeda.ntbprov.go.id/data-dan-informasi/edukasi/module-arcgis-10-dasar/



No comments:

Post a Comment

Post Terbaru

Kumpulan Soal OSP Geografi

Semangat berprestasi menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang memiliki daya saing. Untuk menularkan semangat tersebut, kali ...

Postingan Populer